Pages

Jumat, 25 November 2011

Guru, Lilin Kecil Yang Bersinar Terang



TK, SD, SMP, SMA pasti kenal donk dengan tokoh yang satu ini. Yup...dia adalah Guru. Eits...ini bukan guru silat yah Dell Agent..Tapi Guru merupakan pendidik, pengajar dan bisa dibilang orang tua kita di sekolah atau lembaga pendidikan.

25 November ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Guru Nasional. Tepat 66 tahun yang lalu Indonesia memperingati Hari Guru Nasional.

Saya tidak akan membahas mengenai istilah Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, tetapi saya akan share mengenai perjuangan seorang guru.

Sosok guru yang saya kenal adalah seseorang yang gak kenal lelah dalam menghadapi murid-muridnya. Memberikan ilmu, akhlak, tata krama.

Perjuangan Seorang Guru - Lilin Kecil Yang Bersinar Terang

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menceritakan seorang guru yang hidupnya sederhana, dimana ia mendapatkan tugas untuk mengajar di sebuah desa terpencil.

Dimana, pastinya ia harus rela berpisah dengan anak dan istrinya untuk menunaikan tugas yang telah diberikan kepadanya. Perjalanan ke desa tersebut tidaklah mudah, dimana ia harus berjuang untuk mencapai tempat dimana ia harus mengajar dan tinggal untuk beberapa waktu lamanya. Desa yang akan ia tuju bukanlah desa yang ramai. Tetapi desa yang terpencil yang mungkin orang lain tidak tau kalau disana itu ada sebuah desa.

Tapi dengan tekad dan pengabdian yang tinggi, akhirnya ia sampai di desa tersebut.

Berbekal uang secukupnya dan baju yang beberapa helai yang ia bawa dari rumah asalnya. Ia bertempat tinggal di desa, dimana ia akan mengajar.

Di hari pertama ia mengajar, murid-muridnya bukanlah dari golongan mampu. Orang tua mereka ada yang bekerja sebagai petani, ada yang bekerja sebagai buruh upahan di ladang milik orang kaya.

Murid-muridnya yang datang ke sekolah tempat ia mengajar, tidak mengenakan seragam sekolah yang layak, bersepatu pun tidak.

Tapi, pak Guru ini tidak peduli. Ia mempunyai satu tekad untuk mengajar dan membagikan ilmu yang ia punya kepada muridnya.

Tahun demi tahun, apa yang ia perjuangkan selama ini membuahkan hasil. Anak-anak muridnya tumbuh menjadi pribadi yang memiliki norma-norma pendidikan yang sangat istimewa.

Dan kalian tau...atas jasa Pak Guru ini, ia rela tidak dibayar se-rupiah pun atas jasanya.

Ini kisah nyata yang tidak saya ciptakan.

Ingatlah teman-teman...Sesukses apapun yang kita raih sekarang, saat ini juga. Semua itu ada campur tangan dari seorang Guru, Lilin Kecil Yang Bersinar Terang.

Apa kata Dell Agent, tentang sosok Guru

"Seorang yang ikhlas dan tulus mengajari kita, memberi pengetahuan luas kepada kita , sabar dalam membimbing kita seperti anak sendiri tanpa adanya pamrih." - Brigida Bestari Dwianti






"Negara yang maju adalah negara yang berpendidikan, dan darimana pendidikan itu bermula? Tentu saja dari seorang guru. Meskipun bukan rahasia umum lagi kalau gaji guru itu pas-pasan (terutama di daerah), tapi mereka tetap dengan ikhlas mentransfer ilmu mereka kepada murid-muridnya. dan tentu saja mereka akan merasa bangga kalau sudah melihat anak didiknya bisa lebih pintar dari mereka, meski (sekali lagi) mungkin penghasilan yang didapat tidaklah seberapa. Benar-benar sosok pahlawan tanpa tanda jasa." - Candra


Bagaimana dengan kamu? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar