Pages

Kamis, 15 Desember 2011

[Review] Dell XPS 15z - Si Bongsor Yang Atraktif

Bloomberg Businessweek - Fikki Andrianto, Jakarta

Menilik perawakannya secara menyeluruh, Dell XPS 15z dibalut skema warna silver di bagian penutup dan bagian bawah notebook hingga materila bodi aluminium yang membungkus bodinya. Dell XPS 15z hadir dengan materiak dan warna lain di bagian interior, yakni aluminium aloy serta skema abu-abu gelap.

Untuk ketebalannya, Dell XPS 15z di kisaran angka 24 milimeter. Dell bahkan berani sesumbar bahwa Dell XPS 15z merupakan salah satu notebook tertipis di pasaran. Dell XPS 15z memiliki bobot di kisaran angka 2,5 kilogram.

Absennya panel kaca di atas bezel memang mengurangi kesan klimis di area layar. Namun sisi positifnya, pengguna terbebas dari pantulan mengganggu lingkungan sekitar.

Disisi layar, Dell XPS 15z mengusung layar full HD atau 1920 x 1080 piksel. Tingkat kecerahan layar tergolong memikat meski memiliki sudut pandang terbatas.

Untuk keyboardnya, Dell XPS 15z bertipe chiclet, memiliki jarak antar tuts yang cukup lebar sehinggan user yang memiliki jari yang besar, mudah memakainya. Mengetik di bawah cahaya remang atau gelap sekalipun bisa di lakukan karena keyboard Dell XPS 15z di lengkapi dengan backlight yang akan menyala saat tuts di tekan.

Ada dua unit speaker stereo yang mengapit kedua sisi keyboard. Dan kualitas reproduksi audionya tergolong memikat dengan kekuatan volume kencang serta detail memadai. Kedua unit speaker memiliki ruang resonansi leluasa, sehingga mampu menghadirkan kualitas audio di atas rata-rata notebook.

Area sandaran tangannya lumayan luas diimbangi dengan area touchpad yang lega. Meski menjorok kedalam, beberapa kali toouchpad tetap tersentuh secara tidak sengaja saat kami mengetiknya.

Dell XPS 15z berprocesor dual core Intel Core i7-2630M 2,7 GHz, memori DDR3 berkapasitas 8GB, kapasitas hard disk 750 GB, dan kartu grafis kelas menengah nVidia GeForce GT525M dengan memori grafis 2GB.Daya tahan baterai tergolong memikat dengan bertahan selama 3,5 jam pada uji pemutaran video HD 720p.

Ditawarkan dengan kisaran harga Rp15 juta, resolusi layar full HD dan fitur backlight keyboard yang dimiliki oleh Dell XPS 15z sepertinya menjadi nilai tambah tersendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar