Pages

Senin, 19 September 2011

technological dependence

Wah..ga berasa uda senin aja yaa.. Mulai sibuk lagi deh nie... Yg msh sekolah dan kuliah psti lgi sibuk sm tugas2 yg uda menumpuk! Semangat yaaa.... Ngebahas apa ya enaknya hari ini?? Gw sih pgn bhs soal teknologi yg di jaman skrg ini ga bs lepas sm kehidupan kita sehari-hari kan.. Mulai dri handphone, komputer, laptop atau bahkan tablet yg lg "naik" bgt nie...
Psti calon2 Dell Agent Hunt 2011 pgn tau kan sblm ada teknologi sprti skrg ini, gmn c kehidupan di jaman dulu.. sebelum ada handphone, komputer, internet... Klu mnrt gw sih, knp teknologi bs berkembang pesat sprti skrg ini tuh krna sifat dri manusia itu sendiri. Manusia kan makhluk sosial, yg disamping sandang, pangan dan papan sbgai kebutuhan utama'ny, jg membutuhkan komunikasi diantara sesama'ny agar dpt saling berhubungan. Nah, dri sinilah manusia mencari dan menciptakan sistem juga alat untuk slg berhubungan, mulai dri melukis bentuk (menggambar) di dinding2 gua, isyarat tangan, isyarat asap, bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat smp akhir'nya menggunakan telepon dan internet.

Komputer
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sbgai suatu peralatan elektronik yg terdiri dari beberapa komponen, yg dapat bekerja sama antara komponen satu dgn yg lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yg ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap).
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi Pertama

Saat terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yg terlibat dalam perang tsb berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yg dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada th 1943, giliran pihak Inggris yg menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yg dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yg digunakan Jerman. Lalu pihak Amerika pd saat itu jg melakukan pengembangan thdp komputer dan menghasilkan suatu kemajuan. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yg bekerja dgn IBM brhsil memproduksi kalkulator elektronik, The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, yg berukuran pnjg setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel spnjg 500 mil. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tsb merupakan mesin yg sangat besar yg mengonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yg bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dgn tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yg hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dgn sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yg memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yg dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yg memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tsb. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dgn fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yg berbeda yg disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tsb berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Baru pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yg cukup besar dan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dlm sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yg disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yg memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yg berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yg memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yg sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Generasi Kelima

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yg semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yg utama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yg akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dgn sistem yg mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yg memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yg nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Diperoleh dari "
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer"

Internet

Internet dpt diartikan sbgai jaringan komputer yg luas dan besar, yg mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana didalam'ny trdpt brbagai sumber daya informasi dri yg statis hingga dinamis maupun interaktif.
Sejarah internet sendiri dimulai pada 1969, ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset ttg bgaimna cara'ny menghub'kan sejumlah komputer shgga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dgn nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Pada tahun yg sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Karena komputer yg membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yg dikenal dengan Eunet, yg menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yg ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yg kini kita kenal dgn DNS atau Domain Name System.
Tahun 1990 adalah tahun yg paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yg bisa menjelajah antara satu komputer dgn komputer yg lainnya, yg membentuk jaringan itu. Program inilah yg disebut www, atau Worl Wide Web.

Handphone
Ponsel atau Handphone merupakan gabungan dari Teknologi Radio yg dikawinkan dgn Teknologi Komunikasi Telepon. Telepon pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. sedangkan komunikasi tanpa kabel (wireless) ditemukan oleh Nikolai Tesla pada tahun 1880 dan diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi.
Akar dari perkembangan digital wireless dan seluler dimulai sejak 1940 saat teknologi telepon mobil secara komersial diperkenalkan. Apabila dibandingkan dgn perkembangan skrg yg begitu pesat, sebenarnya teknologi ini mengalami hambatan dalam perkembangan kurang lebih selama 60 tahun. Hal ini di karenakan perkembangan teknologi yg murah seperti transistor atau semi konduktor belum dikembangkan dgn baik. Setelah ditemukannya transistor maka dimungkinkan perkembangan teknologi menjadi lebih pesat.

0G – HP Generasi 0
Awal penemuan telepon seluler dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dgn frekuensi 2 MHz. Pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan “frequency modulated” (FM).
Tahun 1940, Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola, red) mengembangkan portable Handie-talkie SCR536, yg berarti sebuah alat komunikasi di medan perang saat perang dunia II. Masa ini merupakan generasi 0 telepon seluler atau 0-G, dimana telepon seluler mulai diperkenalkan.
1G – HP Generasi Pertama
Telepon seluler generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan telepon seluler pertama yg sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon seluler pertama dan diperkenalkan kepada public pada 3 April 1973. Telepon seluler yg ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yg telah merubah dunia selamanya. Teknologi yg digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band 800 Mhz. Karena bersifat analog, maka sistem yg digunakan masih bersifat regional. Salah satu kekurangan generasi 1-G adalah karena ukurannya yg terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini dikarenakan keperluan tenaga dan performa baterai yg kurang baik. Selain itu generasi 1-G masih memiliki masalah dgn mobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan, mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telepon seluler.
2G – HP Generasi Kedua
Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika udah menggunakan teknologi CDMA, sdgkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yg lebih besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dgn sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon seluler dgn pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuran yg lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yg lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yg lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yg lebih kecil serta sinyal radio yg lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yg membayakan pengguna.
3G – HP Generasi Ketiga
Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yg lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yg relatif lebih tinggi, dan kurang'ny cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini.
4G – HP Generasi Keempat
Generasi ini disebut juga Fourt Generation (4G). 4G merupakan sistem telepon seluler yg menawarkan pendekatan baru dan solusi infrstruktur yg mengintegrasikan teknologi wireless yg telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yg memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan aja dan dimana aja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line , dll.





Nah itu adalah sejarah mengenai komputer, internet dan handphone... Skrg kita intip opini dri Dell Agent Hunt 2011 yukk... Bisa ga ya dlm sehari aja mereka ga gunain alat2 canggih di atas???



Klu kata Raymond Natanael, dia plg ga bs bgt nie ketinggalan handphone.. Cowok yg kuliah di Univ. Padjajaran Bandung ini mengaku lebih milih ketinggalan dompet drpda smartphone'nya.
Selain handphone, Raymond jg pengguna setia Mp3 Player dan Laptop lhoo..wah lengkap jg ya gadget"nya.. :D
Cowok berzodiak sagitarius ini jg ngerasain bgt manfaat dri teknologi yg ada skrg. Dia bs ttp berhubungan dgn org terdekat'ny, ngerjain tgs2 kuliah makin cpt krna pake laptop, dan anti boring deh krna bs dgrin musik kpn aj dan dmna aj pake Mp3 Player andalan'ny..



Selain Raymond, ada si Reyhan Ra'afianto yg pnya pengalaman..ehmm..apa ya klu mnrt gw c lmyan serem lah..ckp bikin naik adrenalin gara2 ketergantungan'ny sm handphone!! Cowok kelahiran 21 thn yg lalu ini prnh nabrak kndraan yg lgi parkir pas dia lg nyetir mobil'ny smbl sms'an!! *waduhh Rey..reyy..untung posisi'ny ga kencang, klu ga kan bs knp2 jg sm lo'nya... Gara2 kjdian itu, Reyhan smpt dihukum nie sm bokap'nya untuk ganti kerusakan mobil'ny...tp dia ttp ga kapok lhoo..hehehe...
Selain handphone, cow yg kuliah di Univ. Moestopo Jakarta ini jg pengguna setia laptop..Maklum yah, anak kuliahan.. :D







Uda dgr opini dri cowok2 kan, skrg giliran Roxanne Pricilya.. Cewek yg satu ini jg blg klu dia trmsk org yg tergantung bgt sm teknologi, apalgi sm handphone! Krna mnrt dia, dgn handphone dia ga hnya bs mengirim psn singkat (SMS) atau telp aj..tp dia jg bs ttp update infrmsi dan jg ngeliat account'ny di bbrpa sosial media kyk Twitter or Facebook.. Gara2 ga bs pisah sm handphone'ny, cewek yg kuliah di London School of Public Relation ini prnh kena omelan dri mama trcinta lhoo..kelewat autis sih..hehehe.. Jdi crta'nya si Roxanne srg diajakin mama'ny untuk nemenin blnja. Eh, giliran diajak ngobrol, Roxanne jdi ga konsen krna trlalu asik sndri sm handphone'nya.. Itu mah sm aja ga nemenin dong judul'ny! :D trus cewek berambut panjang ini jg prnh nabrak org atau tembok pas lg jln, gara2'ny ya apalgi klu bukan saking serius'ny sm handphone!
Selain handphone, Roxanne jg peng"gila" laptop dan tv! Klu untuk tv, lebih untuk nonton DVD atau skdr nonton berita aja.. *bukan nntn sinetron kan?? hihihi....


Tuh kan, emang terbukti bgt klu masyarakat skrg ini emang ga bs dipisahin sm yg nama'ny teknologi.. alias Ketergantungan!!
Ga dri handphone, komputer, tv, internet..pkk'ny sehari tanpa teknologi uda kyk ga bs hdp aja..hehehe
Yg penting sih jgn smp ngeganggu org lain aj yaa...trus kita jg msti tau waktu
saat guna'in teknologi ini! Jgn smp istilah AnSos alias Anti Sosial
nempel sm kita gara2 autis sndri pas lgi ngumpul brg! :)
karena gmnapun jg, komunikasi langsung atau tatap muka itu lbh efektif lhoo...
Be Wise yaaa.... ;*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar